Pages

Kamis, 06 Januari 2011

Make Money Blogging

Make Money Blogging


Blog Dofollow Vs Nofollow Dan Blog Kombinasi Dofollow Nofollow

Posted: 06 Jan 2011 08:06 AM PST


Pengertian Blog Dofollow dan Nofollow

Pengertian Dofollow adalah menginstruksikan search engine agar memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Sedangkan Pengertian Nofollow adalah atribut kode HTML yang digunakan untuk menginstruksikan search engine agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Secara default semua link menggunakan fungsi dofollow, tanpa perlu menambahkan atribut kode HTML. Sedangkan untuk mengaktifkan fungsi nofollow, perlu ditambahkan kode HTML rel=”nofollow” atau rel=”external nofollow” pada link yang ada di blog kita.

Tujuan penambahan atribut nofollow adalah untuk mengurangi spam sehingga akan meningkatkan kualitas hasil pencarian dari suatu search engine dan juga mencegah search engine salah mengindeks spam yang memungkinkan menduduki peringkat tertinggi pada suatu keyword tertentu.

Pengertian nofollow menurut wikipedia adalah:

Nofollow is an HTML attribute value used to instruct some search engines that a hyperlink should not influence the link target’s ranking in the search engine’s index. It is intended to reduce the effectiveness of certain types of search engine spam, thereby improving the quality of search engine results and preventing spamdexing from occurring.

Blog Dofollow Vs Nofollow

Keuntungan dan kekurangan blog dofollow dan blog nofollow untuk pemilik blog maupun pengunjung blog kita coba bandingkan dalam bentuk tabel berikut:

Kelebihan kekurangan terhadap

Blog Dofollow

Blog Nofollow

Pemilik Blog

- Jumlah Komentar Jumlah komentar lebih banyak terutama dari pengunjung yang oportunis yang ingin mengambil keuntungan backlink gratis Jumlah komentar lebih sedikit dan berasal dari pengunjung setia blog atau pengunjung baru yang ingin berkenalan atau pun hanya blogwalking.
- Kualitas Komentar Sebagian besar komentar adalah SPAM dan tidak berkualitas Kualitas komentar lebih baik dan umumnya komentar diberikan karena isi tulisan bermanfaat atau berupa pertanyaan
- Jumlah dan Kualitas Pengunjung Pengunjung terutama pengunjung oportunis akan lebih sering berkunjung untuk meninggalkan komentar sehingga jumlahnya makin meningkat Pengunjung terutama adalah pengunjung setia atau pengunjung baru yang hanya akan kembali lagi bila isi blog bermanfaat menurut mereka
- Google Page Rank Google Page Rank akan lebih rendah karena efek “page rank juicer”. Google juga  kurang suka dengan blog yang memiliki terlalu banyak outbound link di banding internal link. Untuk itu perlu diimbangi dengan backlink dari luar. Google Page Rank tidak akan terpengaruh
- Alexa Rank Peringkat alexa umumnya cepat turun atau rendah untuk blog tipe ini karena traffic blognya makin ramai yang berarti makin baik. Peringkat alexa umumnya lebih lambat turun kecuali isi blognya menarik dan bermanfaat sehingga ramai dikunjungi pengunjung.

Pengunjung Blog

- Page Rank Backlink gratis ke blog pengunjung, yang bisa membantu meningkatkan Page Rank bila blog yang dikunjungi memiliki page rank tinggi Tidak ada pengaruh ke page rank blog pengunjung

Kesimpulan Kombinasi Dofollow Dan Nofollow

Melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe blog dofollow maupun nofollow, tipe blog mana yang sebaiknya kita pilih? Hal ini sepenuhnya tergantung pada masing-masing pemilik blog. Blog ini sendiri menganut kombinasi dofollow dan nofollow. Maksudnya? Untuk komentar diblog ini  merupakan link nofollow, artinya pengunjung tidak akan mendapat backlink gratis. Namun sebagai gantinya, 10 pemberi komentar terbanyak mendapat hadiah backlink gratis di sidebar blog ini sebagai top komentator dan merupakan dofollow link. Selain itu, 10 blog yang terbanyak mengarahkan pengunjung ke blog ini juga mendapat hadiah backlink gratis di sidebar blog ini sebagai top referrer yang juga merupakan dofollow link.

Make Money Blogging @ Blog Dofollow Vs Nofollow Dan Blog Kombinasi Dofollow Nofollow

Artikel Yang Berhubungan:

Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi-Fungsi Dasar

Posted: 05 Jan 2011 08:07 PM PST


feedburner glossy logo

feedburner glossy logo

Sebelum kita mengoptimalkan fungsi FeedBurner dan melakukan monetasi feed blog kita sebagai salah satu cara make money blogging, kita perlu mengetahui apa saja data yang ditelusuri oleh feedburner dan apa saja fungsi-fungsi dasar yang dimiliki oleh feedburner.

Fungsi-fungsi dasar ini bisa kita lihat dan analisis langsung dengan mudah karena ditampilkan dalam bentuk grafik chart dan statistik. Untuk mengetahui fungsi-fungsi dasar feedburner lebih jelas silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke  FeedBurner di feedburner.com atau feedburner.google.com. atau daftar dulu di feedburner dan dapatkan feed blog kita.
  2. gambar 1 daftar dan login untuk membuat feedburner

    gambar 1 daftar dan login untuk membuat feedburner

  3. Akan muncul tampilan daftar blog yang kita sudah daftarkan di feedburner. Klik judul blog yang ingin kita optimalkan.
  4. gambar 2 klik judul feed blog

    gambar 2 klik judul feed blog

  5. Halaman berikutnya akan langsung ke tab Analyze. Tab Analyze feedburner berfungsi untuk menganalisa statistik dan perkembangan feed kita. Ada 4 tab lain di feedburner yaitu “Optimize” untuk mengoptimalkan fungsi feedburner, “Publicize” untuk menampilkan logo, form, dan banner feedburner diblog kita, “Troubleshootize” bila kita menemukan masalah di feedburner, dan “monetize” untuk monetasi feed blog kita. What’s?? Menguangkan Feed Blog? Yah, feed blog kita bisa diuangkan, tapi hal tersebut kita akan bahas pada tulisan selanjutnya. Saat ini kita pahami dulu fungsi-fungsi dasar feedburner, yaitu item-item apa saja yang ditelusuri oleh feedburner. Ada 3 bagian pada tab analyze ini, yaitu Feed Stats, Headline Animator Stats, dan Configure Stats.

Analisis Data Statistik Feed Blog Kita Di FeedBurner Feed Stats

Feed Stats menampilkan grafik pelanggan blog kita. Ada 2 item dalam chart ini yaitu “subscribers” dan “reachs”. Subscribers adalah jumlah pelanggan feed blog kita dan Reach adalah jumlah pelanggan yang melakukan aksi (view, klik, atau download) terhadap feed blog kita.

    gambar 3 Klik Feed Stats

    gambar 3 Klik Feed Stats

Seperti contoh gambar di atas, blog make money blogging ini memiliki 11 pelanggan (subscribers), 1 orang yang melakukan aktifitas, dan aktifitas yang dilakukan berupa melihat (view) 2 artikel blog make money blogging ini. Hayoo Ngaku, siapa yang melakukan ini ???.

Di bagian Feed Stats ini kita bisa lihat lebih detail pada 4 item lain, yaitu Subscribers, Item Use, Map Overlay, dan Uncommon Uses.

  • Subcribers: Pada bagian ini kita bisa menganalisis jumlah pelanggan blog kita, dari mana sumbernya, apa browser yang digunakan, platform reader dan aggregator yang digunakan, dan platform email yang digunakan untuk mendaftar. Email detailnya tidak diinformasikan oleh feedburner.
  • Item Use: Pada bagian ini kita bisa menganalisis aktifitas yang dilakukan pelanggan feed blog kita berapa jumlah artikel dan artikel yang mana yang dilihat, diklik dan didownload.
  • Map Overlay: Pada bagian ini kita bisa melihat data pelanggan blog kita berdasarkan lokasi.
  • Uncommon Uses: Pada bagian ini kita bisa menganalisis aktifitas lain dari pelanggan selain melihat, klik, dan download yang tidak umum.

Analisis Data Statistik Headline Animator Stats Feedburner

Bagian Headline Animator Stats berfungsi menampilkan jumlah tampilan dan jumlah klik yang orang lain lakukan terhadap Headline Animator blog kita. Headline Animator adalah banner animasi yang menampilkan judul blog kita dan judul 5 postingan terakhir blog kita secara animasi. Headline Animator ini bisa kita buat di bagian Tab Publicize atau langsung klik “provide your own” yang langkah-langkahnya akan kita bahas pada tulisan lain.

Konfigurasi Data Statistik Feed Blog Kita Di FeedBurner

Bagian Configure Stats bisa kita gunakan untuk mengatur apa saja yang ingin kita telusuri dari feed blog kita. Secara default 4 item sudah aktif ditelusuri. 3 item lain silahkan diaktifkan juga untuk menelusuri item yang dilihat, diklik, dan didownload.

Gambar 5 Klik Configure Sats

Gambar 5 Klik Configure Sats

Kesimpulan

Setelah memahami fungsi-fungsi dasar feedburner kita mengetahui item-item apa saja yang ditelusuri oleh feedburner dan membantu kita berupa statistik data dari item tersebut. Dengan mengetahui item-item tersebut kita bisa mengoptimalkan fungsi feedburner untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sehingga nantinya blog kita bisa kita lakukan monetasi. Bagaimana cara menguangkan blog kita (monetasi) dengan feedburner ini akan kita bahas ditulisan lain. Stay Tuned dengan Berlangganan Feed Blog Ini.. Hehehehhh…Happy Blogging.

Make Money Blogging @ Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi-Fungsi Dasar

Artikel Yang Berhubungan:

0 komentar:

Posting Komentar